Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No T...  

Sejarah Pangeran Surowiyoto bin Sultan Fatah

Sekdes | 29 Mei 2020 11:10:10 | Berita Desa | 31 Kali

Dasun.desa.id-Makam Pangeran Surowiyoto diduga berada di Lasem. Tepatnya di komplek Makam Nyai Ageng Maloka, Desa Gedongmulyo, Lasem, Rembang.

Menurut P.R.A Barik Barliyan Surowiyoto yang merupakan keturunan Pangeran Surowiyoto atau Raden Kikin alias Sekar Sedo Lepen, bahwa Pangeran Surowiyoto wafat di Lasem pada th 1521. Yang kemudian dimakamkan di Samping Makam Nyai Ageng Maloka.

Pangeran Surowiyoto alias R. Kikin adalah Putra Pertama dari Raden Fatah Sultan Demak Bintoro Bin Prabu Brawijaya V, Kerajaan Majapahit.

Ibu nya bernama Putri Solekha anak dari pasangan Pangeran Wironegoro Adipati Lasem denga Nyai Ageng Malokha Putri dari Raden Rahmat Sunan Ampel.

Isteri Pangeran Surowiyoto bernama Putri Ayu Retno Panggung anak dari pasangan Adipati Jipang Ratu Ayu Retno Kumolo Binti Prabu Brawijaya V Kerajaan Majapahit dengan Ki Hajar Windusana.

Pangeran Surowiyoto dan Isteri nya Putri Ayu Retno Panggung adalah saudara sepupu, karena keduanya merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya V, sang Maharaja Majapahit.

Pangeran Surowiyoto memiliki 2 (dua) orang Putra bernama : Arya Penangsang dan Arya Mataram. Menurut cerita tutur yang masih terpelihara turun temurun pada masyarakat Lasem menyebutkan bahwa : Pangeran Surowiyoto adalah Sang Adipati Babagan Lasem, ada juga sumber yang mengatakan beliau pernah menjabat sebagai Adipati Caruban, Binangun, juga Adipati Jipang.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Kantor Desa Dasun, RT.01/ RW.01, Lasem, Rembang
Desa : Dasun
Kecamatan : Lasem
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59271
Telepon : 085726949461
Email : pemdesdasun@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung