You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Musdes Penetapan APBDes 2024, Dana Desa Tergolong Kecil Namun Pencapaian Luar Biasa


Musdes Penetapan APBDes 2024, Dana Desa Tergolong Kecil Namun Pencapaian Luar Biasa

dasun-rembang.desa.id- Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan APBDesa Tahun 2024 Desa Dasun Kec. Lasem dilaksanakan pada Kamis (28/12/2023) di Balai Desa Dasun.

Musdes dihadiri oleh beragam elemen di Desa maupun di Pihak Kecamatan. Hadir Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, PKK, RT/RW, Posyandu, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, KPMD, Bidan Desa, BUMDesa, LPMD, Linmas, dan Karang Taruna. Dari pihak Forkompimcam hadir Sekretaris Kecamatan, Kasi PMD, Pendamping Desa, PLD, Perwakilan Koramil dan Perwakilan Polsek Lasem.

Sujarwo Kepala Desa Dasun menyampaikan dalam sambutannya bahwa porsi anggaran APBDesa 2024 terutama dari sumber Dana Desa difokuskan untuk Pantai Dasun dan Sarana Prasarana Dasar. 

"Tahun 2024 ada pembangunan pemecah gelombang dan tambahan kios kuliner di Pantai Dasun. Serta ada sarana prasarana dasar yakni aspal jalan dan saluran irigasi, itu yang menjadi fokus kegiatan fisik kita di tahun 2024," terang Sujarwo saat memberikan sambutan Mudes (28/12/2023).

Lebih lanjut, Kades juga menyampaikan bahwa Dana Desa yang diterima oleh Desa Dasun tahun 2024 tergolong minim, namun akan digunakan semaksimal mungkin untuk pencapaian visi misi Dasun Maju.

"Meskipun kita belum pernah pendapatkan alokasi kinerja Dana Desa, tetap kita syukuri. Buktinya Desa Dasun masih eksis menjadi desa yang telah memiliki BUMDes yang aktif. Menghasilkan PAD yang lumayan baik. Meskipun Dana Desanya paling kecil nomor 2 di Kecamatan Lasem," semangat Sujarwo.

Keluaran yang dicapai oleh Desa Dasun juga sangat baik. Dana Desa yang dikelola sejak tahun 2015 sampai sekarang telah menjadi kegiatan-kegiatan yang produktif tanpa terbengkalai. Ada pembangunan Taman Dasun, Gedung Serba Guna, Warung Apung yang memiliki sumbangsih terhadap kemajuan ekonomi masyarakat desa maupun penambahan PAD bagi hasil BUMDesa. Banyak masyarakat Desa Dasun yang telah merasakan dampak ekonomi dengan melakukan usaha di Taman Dasun maupun Pantai Dasun.

"Selain kita telah membangun kawasan Taman Dasun dengan Dana Desa, kini saatnya kita fokus ke Pantai Dasun yang akan menjadi masa depan. Kurang lebih empat tahun kita nyicil pembangunan Jalan Ke Pantai dengan APBDes 2019 s/d 2022 dan tahun 2023 kita mulai membangun pantai. Kita  tidak pernah patah semangat hanya karena Dana Desa kita paling kecil di Lasem," semangat Sujarwo.

Bagi Sujarwo, Pemenuhan Visi Misi adalah sumpah prasetya Kepala Desa kepada masyarakat. Sujarwo bertekad akan terus memperjuangkan Visi Misinya sampai purna tugas nanti. Seorang ksatria tak akan pernah menyerah, untuk memperjuangkan janji demi mengangkat harkat dan martabat rakyat yang dicintainya. [admin]

Bagikan artikel ini:
Komentar