You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Sedekah Laut Desa Dasun Diikuti Ratusan Orang


Sedekah Laut Desa Dasun Diikuti Ratusan Orang

dasun-rembang.desa.id - Nelayan Desa Dasun dan Desa Tasiksono Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang menyelenggarakan tradisi Sedekah Laut pada Sabtu (26/8/2023). Kegiatan ini diikuti oleh puluhan perahu nelayan dari dua desa tersebut. Masing-masing perahu dinaiki oleh rata-rata 15-20 orang. Sehingga ratusan orang turut serta dalam Tradisi ini.

Perahu nelayan melakukan arak-anakan dari Sungai Dasun Lasem menuju laut jawa, mengitari Pulau Gosong. Ada satu perahu yang memimpin arak-arakan dengan membawa sesaji berupa kepala kambing dan jajanan pasar. Setelah mengitari Pulau Gosong, puluhan perahu nelayan mendarat di Pulau Gosong untuk melarung sesaji dan peserta bermain di Pulau Gosong.

Tradisi sedekah laut ini sudah berlangsung sejak dahulu kala setiap tahunnya. Sedekah laut disebut sebagai ungkapan syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang selama setahun telah mendapatkan rejeki dari laut. 

Bagikan artikel ini:
Komentar