You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Dempel Udang, Kuliner Pesisiran Dasun Lasem Rembang


Dempel Udang, Kuliner Pesisiran Dasun Lasem Rembang

dasun-rembang.desa.id-Dempel udang merupakan jenis makanan yang memiliki tekstur krispi pada adonan tepung namun lembut pada bagian udangnya. selain sebagai lauk makan dempel udang juga bisa sebagai makanan cemilan. bahan yang dibutuhkan untuk membuat dempel udang adalah udang segar, tepung beras, Ketumbar, daun jeruk, kencur, kemiri, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan kunyit.

Untuk membuatnya langkah pertama buang kepala udang terlebih dahulu kemudian cuci dengan air mengalir agar kotoran yang berada di bagian bekas kepala hilang. langkah kedua, haluskan  Ketumbar, daun jeruk, kencur, kemiri, cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan kunyit. setelah halus campurkan dengan tepung beras yang telah diberi air yang ditambah gula dan garam  dan aduk hingga merata.

untuk adonan tepung beras dibuat agak encer agar setelah digoreng memiliki tekstur yang krispi. langkah ketiga masukan udang ke dalam adonan, setelah itu digoreng ke dalam minyak panas dengan bentuk sesuai yang diinginkan. Dempel udang digoreng hingga berwarna coklat kekuning kuningan dan angkat dempel udang dengan meniriskan minyak yang ikut terangkat agar tekstur dempel udang tidak berminyak. (Angga Hermansah/ Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun)

Bagikan artikel ini:
Komentar