Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |  

Cara Membuat Urap Latoh. Masakan Khas Desa Dasun Lasem Rembang

Sekdes | 20 Februari 2023 21:10:03 | Berita Desa | 95 Kali

dasun-rembang.desa.id- Urap latoh merupakan menu masakan yang tergolong dalam kelompok urap-urapan. Masakan yang berbahan utama latoh, sejenis rumput laut yang hidup menempel di karang dangkal. Latoh yang hidup secara berkelompok ini banyak dijumpai pulau gosong, pulau karang jahe, serta pulau karang lainnya di Kabupaten Rembang. Masakan urap latoh merupakan masakan yang disajikan dalam bentuk segar karena latoh yang digunakan tidak perlu dimasak saat disajikan.

Bahan yang perlu disediakan untuk membuat urap latoh yaitu latoh  segar, panggang pe, kelapa parut yang tidak terlalu muda, sedikit cabe merah, bawang merah, bawah putih, kencur, terasi, garam dan gula pasir.  Bumbu rempah seperti cabe, bawang putih, bawang merah, kencur dan terasi dikukus terlebih dahulu, setelah itu bumbu dihaluskan menggunakan layah  serta ditambahi suwiran ikan panggang pe, gula dan sedikit garam untuk menambah cita rasa yang pas. Setelah dirasa halus, bumbu akan dicampurkan dengan parutan kelapa yang telah disiapkan. Ketika semua bahan sudah tercampur merata, latoh yang sudah dicuci dan dibersihkan dari karang-karang kecil  dimasukan ke dalam kelapa parutan yang sudah dibumbui di ulet hingga merata dan siap untuk disajikan. Masakan Urap latoh akan tahan sekitar 3-5 jam karena bahan yang digunakan adalah parutan kelapa segar yang tidak dimasak terlebih dahulu. (Angga Hermansah/ Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun).

Nah berikut ini adalah video cara membuat Urap Latoh khas Desa Dasun Lasem Rembang:

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung