Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |  

Terasi Dasun Masih Terjaga Keasliannya

Sekdes | 15 Agustus 2022 20:26:42 | Berita Desa | 54 Kali

dasun-rembang.desa.id-Terasi Dasun, Selasa 17 Mei 2022 kami seluruh siswa-siswi kelas 10 IPS SMAN 1 Pamotan, melakukan kegiatan leaning tour ke desa Dasun kecamatan Lasem kabupaten Rembang. 

Sebelum berangkat kami baris berkumpul dilapangan untuk mendengarkan pengarahan dari Bapak Ibu guru pendamping kami ke lokasi. Kami berangkat sekitar jam 07.30 WIB. Kami berangkat menggunakan mobil yang berjumlah sepuluh bus. Dan kami sampai ke taman Dasun 08.00 WIB. 

Disana kita langsung disambut oleh salah satu pihak desa serta ibu-ibu masyarakat desa Dasun. Lalu kita memasuki ruangan untuk mengikuti kegiatan sarasehan dan pameran rempah. Dalam kegiatan tersebut kita diberi seputar informasi tentang pengetahuan bidang kuliner. 

Desa Dasun adalah desa yang mempunyai berbagai jenis kuliner yang khas dan beraneka macam. Kekhasan masakan tersebut merupakan hasil interaksi antara potensi alam, kondisi lingkungan, dan kreativitas anggota masyarakat dalam menemani tradisi dan ritus hidup sekaligus mencukupi gizi tubuh dengan normal. Macam-macam kuliner tersebut seperti bandeng mrico, bandeng bakar, udang asam manis,garang asem bandeng, dempel udang, cumi bumbu kuning, urap iwak pe, urab latoh, bandeng presto, mrico keting, pepes bandeng, acar bandeng, pepes wedel, otak-otak bandeng, dan terasi dari rebon

Pada umumnya, Terasi adalah bumbu masak yang dibuat dari ikan dan/atau udang rebon yang difermentasikan, berbentuk seperti adonan atau pasta dan berwarna hitam-coklat, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan.. 

Salah satu bumbu masakan yang dibuat di desa Dasun adalah terasi. Terasi Dasun terbuat dari udang rebon asli. Menurut Suyoto yang selama ini juga mewarisi ilmu membuat terasi, terasi desa Dasun hingga sekarang masih dijaga keasliannya tanpa ada campuran dan pewarna apapun. Suyoto adalah warga desa Dasun yang saat ini menjadi Perangkat Desa Dasun, yaitu Kepala Urusan Perencanaan Tata Kelola Desa Berbasis Kebudayaan.  

Alat dan bahan membuat terasi rebon:

  1. rebon yang sudah dijemur sampai kering
  2. air
  3. alat tumbukan
  4. daun pisang yang sudah dijemur sampai layu
  5. karet gelang

Langkah-langkah pembuatan terasi rebon:

  1. masukkan rebon yang sudah dijemur sampai kering kedalam tumbukan lalu ditumbuk sampai halus
  2. masukkan air secara sedikit demi sedikit lalu ditumbuk lagi secara bertahap 
  3. setelah jadi lalu dibentuk seperti balok 
  4. bungkus menggunakan daun pisang yang sudah dijemur sampai layu dan ikat dengan karet gelang.

Harga terasi di desa Dasun berkisar sekitar Rp 50.000, 00 per kilogramnya. Untuk membeli membeli terasi dasun, pembeli dapat pesan melalui wa +62 858-8922-5596.

Setelah mewawancarai pembuat terasi ber-akik besar dan melihat proses pembuatannya, kami lalu makan bersama. Setelah makan bersama kami langsung sholat. Setelah itu, istirahat sejenak lalu pulang.

Sekian blog dari saya semoga bermanfaat. Dan tak lupa terima kepada Kepala sekolah dan bapak ibu guru pendamping yang sudah mendampingi kita untuk leaning tour ke Desa Dasun.

Penulis: Fadhilatul Ainur Rohmah, siswa SMA N 1 Pamotan Kelas X IPS 3

Penyelaras: Admin 

Katerangan : Artikel ini juga tayang di blog https://fadhilatul16.blogspot.com/2022/05/learning-tour-ke-desa-dasun.html?m=1 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Kantor Desa Dasun, RT.01 RW.01, Lasem, Rembang
Desa : Dasun
Kecamatan : Lasem
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59271
Telepon : 085726949461
Email : pemdesdasun@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung