You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Situs Dok Kapal Dasun


Situs Dok Kapal Dasun

dasun-rembang.desa.id-Dok kapal Dasun merupakan tempat yang berfungsi sebagai galangan kapal sekaligus bengkel kapal. Dok Kapal Dasun dibagi menjadi 3 periode yaitu periode pra kolonial, masa Kolonial Belanda dan masa Pendudukan Jepang. Selain memiliki nilai sejarah yang besar dalam penyuplai alat transportasi maritim tempo dulu, Situs Dok Kapal memiliki sumber ilmu pengetahuan dan teknologi kuno dalam ilmu perkapalan.

Sungai Dasun Lasem menjadi salah satu titik jalur rempah di nusantara yang mengakibatkan terjalinnya silang budaya yang berlangsung selama berabad-abad. Kekuatan maritim nusantara pada masa jayanya yakni jaman Sriwijaya dan Majapahit, saat itu Lasem sudah sangat eksis menjadi salah satu penyumbang infratruktur maritim yakni keberadaan galangan kapal dengan produknya yang melegenda adalah Jung Jawa. Keberadaan teluk Rembang dan bahan baku kayu jati membuat Dasun-Lasem menjadi lokasi yang sangat logis dan aman dalam pembuatan kapal. 

Bagikan artikel ini:
Komentar