You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Sejarah Pangeran Surowiyoto bin Sultan Fatah


Sejarah Pangeran Surowiyoto bin Sultan Fatah

Dasun.desa.id-Makam Pangeran Surowiyoto diduga berada di Lasem. Tepatnya di komplek Makam Nyai Ageng Maloka, Desa Gedongmulyo, Lasem, Rembang.

Menurut P.R.A Barik Barliyan Surowiyoto yang merupakan keturunan Pangeran Surowiyoto atau Raden Kikin alias Sekar Sedo Lepen, bahwa Pangeran Surowiyoto wafat di Lasem pada th 1521. Yang kemudian dimakamkan di Samping Makam Nyai Ageng Maloka.

Pangeran Surowiyoto alias R. Kikin adalah Putra Pertama dari Raden Fatah Sultan Demak Bintoro Bin Prabu Brawijaya V, Kerajaan Majapahit.

Ibu nya bernama Putri Solekha anak dari pasangan Pangeran Wironegoro Adipati Lasem denga Nyai Ageng Malokha Putri dari Raden Rahmat Sunan Ampel.

Isteri Pangeran Surowiyoto bernama Putri Ayu Retno Panggung anak dari pasangan Adipati Jipang Ratu Ayu Retno Kumolo Binti Prabu Brawijaya V Kerajaan Majapahit dengan Ki Hajar Windusana.

Pangeran Surowiyoto dan Isteri nya Putri Ayu Retno Panggung adalah saudara sepupu, karena keduanya merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya V, sang Maharaja Majapahit.

Pangeran Surowiyoto memiliki 2 (dua) orang Putra bernama : Arya Penangsang dan Arya Mataram. Menurut cerita tutur yang masih terpelihara turun temurun pada masyarakat Lasem menyebutkan bahwa : Pangeran Surowiyoto adalah Sang Adipati Babagan Lasem, ada juga sumber yang mengatakan beliau pernah menjabat sebagai Adipati Caruban, Binangun, juga Adipati Jipang.

Bagikan artikel ini:
Komentar