You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Sarem Kabegjan dan Mandi Garam Performance Art Sutejo


Sarem Kabegjan dan Mandi Garam Performance Art Sutejo

dasun-rembang.desa.id- Sutejo seorang seniman dari Rembang melakukan performance art teatrikal di atas karya lukisan berukuran raksaksa di Tambak Gede Desa Dasun pada 18 November 2023. Aksi tersebut mendapatkan cukup banyak perhatian dari pengunjung. Karena ia melakukan aksi yang tak biasa, yakni bertapa, mandi garam, bersujud, meleburkan diri dalam karya yang diberi judul ambengan itu.

Aksi seni tersebut merupakan bagian dari kegiatan Bancaan Rupa yang diselenggarakan oleh Desa Dasun bersama dengan perupa dan para pemulia garam. Bancaan Rupa menghasilkan sebuah karya yang fenomenal, yakni lukisan garam di tambak dengan ukuran tak masuk di akal, yakni 33 m x 21 m. Ini adalah bentuk syukur dari para petani garam dan masyarakat Desa Dasun atas hasil panen garam yang berlangsung pada tahun 2023 ini.

Setelah melakukan aksinya, Sutejo kemudian membawa nampan yang berisi garam dari tambak gede untuk dibagikan kepada pengunjung. Garam tersebut diyakini akan membawa keberuntungan bagi yang menyimpannya ataupun digunakan untuk memasak. Oleh sebab itu disebutlah garam dari Bancaan Rupa ini sebagai "Sarem Kabegjan". (Exsan)

Bagikan artikel ini:
Komentar