You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Refleksi Hari Tani Nasional / Hantaru di Pantai Dasun


Refleksi Hari Tani Nasional / Hantaru di Pantai Dasun

dasun-rembang.desa.id- Peringatan Hari Tani Nasional atau Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun 2023 ini Badan Pertanahan Nasional atau BPN kaupaten Rembang menyelenggarakan peringatan Hantaru dan Hari Tani Nasional di Pantai Desa Dasun Lasem dengan menanam bibit pohon mangrove pada 26 September 2023.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala BPN Rembang Muh Nurdin beserta seluruh jajaran ATR/BPN Rembang, Sekretaris Camat Lasem Dwi Susilowati dan Pemdes Desa Dasun beserta warga.

Exsan Ali Setyonugroho mewakili Kepala Desa Dasun menyampaikan bahwa Peringatan Hari Tani ini merupakan momentum disahkannya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) yang telah lama dipeti es kan oleh Pemerintah Orde Baru, dan kembali digaungkan lagi setelah reformasi.

Maka Peringatan ini harus dimaknai untuk menjadikan agraria untuk sepenuhnya kemaslahatan masyarakat Indonesia. Menengok bahwa UUPA adalah Undang-Undang yang sangat progresif, hak milik atas tanah warga diakui sah oleh negara, berbeda dengan Undang-Undang jaman kolonial Belanda yang tak boleh rakyat memiliki hak milik. Masyarakat boleh memiliki hak milik dengan status Eigendom itupun dibatasi dengan syarat-syarat yang mendiskriminasi.()

Bagikan artikel ini:
Komentar