You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Sosialisasi Posbindu di Desa Dasun


Sosialisasi Posbindu di Desa Dasun

Dasun.desa.id- Senin, 23 April 2018 dilaksanakan Sosialisasi Posbindu dan penanganan penyakit tak menular di Gedung Serba Guna Desa Dasun. Sosialisasi dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Kecamatan Lasem. Acara dihadiri oleh Ibu-ibu kader Posyandu, PKK serta kelembagaan lainnya di Desa Dasun.

Kegiatan Posbindu adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan UKBM, upaha kesehatan bersumber daya masyarakat, jadi jangan kaget nanti selain ada kader Posyandu di kampung juga akan ada kader posbindu, kader lansia, dan kader lainnya.

Sosialisasi Posbindu di Gedung Serba Guna Dasun yang difasilitasi oleh Puskesmas Lasem (dok: Dasun.desa.id)

Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. dan lebih di kedepankan terhadap kontrol PTM. Biasanya dengan adanya kegiatan posbindu di masyarakat maka mereka yang memiliki penyakit diabete, DM, dll akan dapat terkontrol sehingga derajat hidup mereka akan semakin baik.

kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

Selain ibu-ibu, bapak-bapak juga hadir dalam Sosialisasi Posbindu di Gedung Serba Guna Dasun yang difasilitasi oleh Puskesmas Lasem (dok: Dasun.desa.id)

Selain pemeriksaan ada juga kegiatan seperti senam lansia, arisan, kumpul kumpul bersama sehingga bisa menjadi tempat refershing bagi mereka yang suntuk di rumah. Selain upaya kesehatan fisik mereka juga diajak untuk hidup sehat bersama yang lain dan satu sama lain saling memberikan dorongan untuk menjaga kesehatan masing masing. 

Bagikan artikel ini:
Komentar