You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Perpustakaan Desa Dasun Jadi yang Terbaik Nasional


Perpustakaan Desa Dasun Jadi yang Terbaik Nasional

dasun-rembang.desa.id- Perpustakaan Desa Dasun yang mewakili Kabupaten Rembang berhasil menjadi yang terbaik nasional dalang Perpuseru Award 2018, yang digelar di Yogyakarta, Kamis (5/7) malam. Perpustakaan Dasun berhasil mengalahkan perwakilan dari puluhan kabupaten lainnya yang juga masuk nominasi.

Selain kategori perpustakaan desa, Kabupaten Rembang juga berhasil menyabet dua penghargaan prestisius lainnya. Yakni video kegiatan perpustakaan, yang diwakili Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, serta literasi lokalisme tentang perpustakaan yang diwakili Desa Trembes Kecamatan Gunem.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo yang hadir langsung menerima penghargaan mengatakan, perpustakaannya berhasil menjadi jawara lantaran berbagai kelebihan. Di antaranya menyangkut berbagai kegiatan yang secara rutin terselenggara di perpustakaan.

Selain itu, kepengurusan dan pengelolaan juga dilakukan dengan cukup baik melibatkan komunitas setempat dalam wadah Dasun Haritage Society (DHS). Sehingga, antusiasme kalangan pemuda untuk berkunjung di perpustakaan cukup tinggi.

“Mulai 2018 ini perpustakaan desa buka setiap hari, dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada, melalui komunitas DHS. Kami buat perpustakaan desa yang representatif, bertempat di komplek Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dasun,” terang Sujarwo.

Menurut Sujarwo, capaian ini memberikan motivasi kepada pemerintah desa untuk lebih optimal lagi mengelola perpustakaan. Ke depan akan ada beberapa aspek yang menjadi perhatian, di antaranya honorarium pustakawan, serta kegiatan-kegiatan dengan sasaran kalangan muda.

“Dengan tingginya minat membaca oleh kalangan muda maka akan mudah membentuk generasi yang bisa berbuat apa saja. Kami ingin menularkan semangat literasi itu kepada seluruh masyarakat, termasuk pemuda,” ujarnya.

Sementara itu dalam video yang diwakilkan dalam kompetisi, Perpusda Rembang menampilkan kegiatan merajut seni rajut khas Rembang. Dalam video di dalam komplek Perpusda tersebut ditampilkan berbagai kegiatan rajut yang dilakukan oleh pemilik Okta Craf, Oktavirasa.

sumber: suara merdeka

Bagikan artikel ini:
Komentar