You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Profil Perpustakaan Desa Dasun, Lasem, Rembang


Profil Perpustakaan Desa Dasun, Lasem, Rembang
dasun-rembang.desa.id-Perpustakaan Desa Dasun “Cahaya Ilmu”, Lasem, Rembang sudah ada sejak tahun 2013. Sejak didirikan, antusias masyarakat sangat baik. Anak-anak banyak mengunjungi perpustakaan dengan membaca buku ataupun meminjamnya. Saat itu perpustakaan dikelola oleh Pak Eko dengan sangat baik meskipun kondisinya masih sederhana. Pada tahun 2016 dibentuklah komunitas Dasun Heritage Society yang dikukuhkan oleh kepala Desa Dasun yang salah satu tugasnya adalah membantu mengelola perpustakaan desa.
 
Komunitas Dasun Heritage Society (DHS) setelah dibentuk dan dikukuhkan, pada tahun 2016 ikut berpartisipasi dalam promo Wisata Bahari Dasun, yakni sebuah promosi untuk memperkenalkan Desa Dasun sebagai desa wisata. Dalam masa promo tersebut DHS menggunakan perpustakaan sebagai pusat berkegiatan mulai dari diskusi, identifikasi potensi wisata, berita, membuat film promo, blog, akun facebook, dll. Dalam situasi inilah perpustakaan desa mulai mendapatkan kepercayaan yang baik dari pemerintahan desa. Namun sayang, karya yang dihasilkan anak-anak dengan keadaan perpustakaan sebagai tempat produksi gagasan dan produk kreativitas berbeda jauh. Kondisi bangunan perpustakaan yang kecil, sempit, kadang juga bocor, membuat DHS sebagai pengelola melakukan advokasi kepada pemerintah desa tentang relokasi perpustakaan.
 
Akhirnya pada tahun 2017, secara resmi Perpustakaan Desa Dasun “Cahaya Ilmu” menempati gedung baru, yakni Gedung Ruang Terbuka Hijau Desa Dasun. Gedung ini memiliki dua lantai, lantai satu adalah ruang semi terbuka yang fungsinya sebagai tempat pertemuan, baksos dan sanggar bagi anak-anak untuk bermain ataupun latihan menari, drama, dsb. Kemudian lantai dua adalah ruang inti perpustakaan yang terdiri dari ruang baca, komputer, meja layanan. Di gedung baru ini pemandangan indah gunung lasem, tambak, dan RTH Dasun membuat suasana belajar menjadi nyaman. Dengan relokasi perpustakaan ini, membuat pengunjung perpustakaan meningkat. Bukan hanya anak-anak, namun juga pemuda, perempuan, maupun umum. 
...
-------------
blog: perpusdasun.blogspot.co.id
alamat: Gedung RTH Dasun, Ds. Dasun, RT.03, RW.01, Lasem, Rembang, Jawa Tengah.
Bagikan artikel ini:
Komentar