You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Emak-emak Desa Dasun Siap Menerima Kunjungan Siswa SMAN 1 Pamotan Membuat Tumpeng Pesisiran


Emak-emak Desa Dasun Siap Menerima Kunjungan Siswa SMAN 1 Pamotan Membuat Tumpeng Pesisiran

dasun-rembang.desa.id- Senin (6/03/2023) sore puluhan emak-emak Desa Dasun berkumpul di Balai Desa. Perkumpulan emak-emak tersebut dipimpin oleh ketua TP PKK Desa Dasun Suparmi. Ia mengumpulkan emak-emak yang berjumlah 32 orang untuk menyambut kunjungan siswa SMAN 1 Pamotan dalam kegiatan Learning Tour Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran.

Kegiatan Learning Tour akan dilaksanakan pada Rabu, 15 Maret 2023 di 32 rumah penduduk Desa Dasun. Siswa SMAN 1 Pamotan akan belajar membuat tumpeng pesisiran dengan emak-emak Desa Dasun. Mereka siswa kelas X akan dibagi menjadi 32 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 9 siswa.

Emak-emak Dasun yang hadir dalam pertemuan ini sangat antusias menyambut siswa SMAN 1 Pamotan. Apalagi setelah diberikan semangat oleh ketua TP PKK Dasun.

"Ayo emak-emak Dasun semuanya harus semangat menyambut siswa SMAN 1 Pamotan, karena ini adalah latihan kita sebagai tuan rumah yang baik dalam menyambut tamu. Kita layani dengan baik setiap pertanyaan dari siswa tentang cara membuat tumpeng pesisiran ini," kata Suparmi saat memberikan semangat kepada emak-emak Dasun.

Selain belajar membuat tumpeng pesisiran, setiap kelompok juga akan membuat film dokumenter tentang memasak tumpeng pesisiran di rumah warga Dasun. Setelah tumpeng dari masing-masing kelompok selesai dibuat, kemudian tumpeng akan dibawa ke Gedung Serba Guna Dasun untuk dipamerkan dan dinilai oleh dewan guru. Kemudian dilanjutkan dengan do'a dan makan bersama tumpeng pesisiran.

Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang yang memiliki potensi bahari tentu terdapat bahan baku pangan pesisiran yang melimpah, seperti: ikan; cumi; udang; bandeng; rajungan; kerang; latoh; brayo;  dan lain sebagainya. Potensi sumber pangan protein ini sangat bisa dimanfaatkan dalam kreasi tumpeng pesisiran yang sedang dikaji oleh SMAN 1 Pamotan. (Exsan)

 

 

Bagikan artikel ini:
Komentar