You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Stik Mangrove, Sebuah Inovasi Pangan dalam Peningkatan UMKM Desa Dasun


Stik Mangrove, Sebuah Inovasi Pangan dalam Peningkatan UMKM Desa Dasun

dasun-rembang.desa.id-Sektor pangan dalam perkembangannya selalu mengalami inovasi seiring dengan semakin betambahnya berbagai tantangan dalam ketahanan pangan Indonesia. Desa Dasun, Lasem, Rembang merupakan salah satu desa dengan berbagai sumber daya alam yang beragam salah satunya adalah ekosistem mangrove.

Ekosistem mangrove di Desa Dasun tersusun dari berbagai tanaman, salah satu yang paling dominan adalah tanaman bakau atau Rhizophora sp sedangkan orang Dasun menyebutnya Tokte. Bakau sendiri tumbuh subur di sepanjang Sungai Dasun. Keberadaannya hanya sampai bermanfaat untuk mencegah abrasi sungai oleh para petani tambak, tempat berkembang biaknya ikan, udang, dsb. serta sandaran perahu nelayan.

Ternyata manfaat dari tanaman bakau bukan hanya itu, ternyata daunnya juga dapat dimanfaatkan menjadi cemilan yang enak dan menyehatkan berupa stik. Itulah yang coba dilakukan oleh Forum Mahasiswa Rembang Semarang (FORSA) yang bekerja sama dengan tim II KKN Undip. Mereka melakukan kegiatan pemberdayaan bersama ibu-ibu PKK Desa Dasun, dengan memanfaatkan daun bakau menjadi makanan yang kaya akan nutrisi tanpa meninggalkan kelezatan dan kegurihan dari stik itu sendiri.

Stik daun bakau ini dinamakan “Stik Mangrove” merupakan inovasi pangan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi UMKM untuk kesejahteraan masyarakat Desa Dasun guna memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Ide pembuatan Stik Mangrove sendiri disambut dengan tangan terbuka oleh Kepala Desa Dasun, Sujarwo.

 “Kalau memang bahan bakunya godhong tokte (bakau) itu artine sumber daya alamnya sangat mendukung. Kalau misalnya nanti bisa menjadi ekonomi, bisa menjadi cuan, ini juga menjadi satu terobosan baru,” kata Sujarwo dalam sambutannya pada pembukaan program Desa Mitra oleh FORSA Bersama Tim II KKN Undip pada Sabtu (23/7/2022) di Balai Desa Dasun.   

Pembuatan Stik Mangrove cukup mudah. Pertama pengumpulan daun bakau yang melimpah di sepanjang Sungai Dasun. Kemudian pembersihan daun dari tulang daun dengan cara dipotong. Dilanjutkan penghalusan daun bakau dengan menggunakan blender. Langkah selanjutnya perebusan cairan daun bakau.

Bagikan artikel ini:
Komentar