You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Situs Umpak Kantor Bea Cukai


Situs Umpak Kantor Bea Cukai

Situs Umpak Kantor Bea Cukai Pelabuhan Lasem dibangun saat Belanda menguasai Lasem pada abad ke 18. Tujuannya sebagai tangsi militer juga untuk kepentingan penguasaan ekonomi jalur Sungai Lasem yang menjadi pelabuhan dan galangan kapal. Keluar masuknya kapal di Sungai Dasun Lasem harus atas restu tempat ini. Sungai Dasun Lasem menjadi salah satu titik jalur rempah di nusantara yang mengakibatkan terjalinnya silang budaya yang berlangsung selama berabad-abad. Kekuatan maritim nusantara pada masa jayanya yakni jaman Sriwijaya dan Majapahit, saat itu Lasem sudah sangat eksis menjadi salah satu penyumbang infratruktur maritim yakni keberadaan galangan kapal dengan produknya yang melegenda adalah Jung Jawa. Keberadaan teluk Rembang dan bahan baku kayu jati membuat Dasun-Lasem menjadi lokasi yang sangat logis dan aman dalam pembuatan kapal.

Bagikan artikel ini:
Komentar