You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Situs Bong Belanda


Situs Bong Belanda

Situs Bong Belanda Dasun terletak di titik koordinat 6°40'45.5"S 111°26'39.5"E. Situs ini merupakan tempat dikebumikan orang-orang Belanda yang dahulu berdomisili di Dasun saat menjadi bagian dari pabrik galangan kapal. Di Desa Dasun juga terdapat bekas pemukiman orang-orang Belanda saat menguasai galangan kapal dasun sekarang tempat itu disebut tegal pabrik. Menurut data, pengusaha Belanda yang memiliki Pabrik Kapal di Dasun adalah P. Berendsen yang kemudian dilanjutkan oleh anak perempuannya Nyah Lena atau Helena. Namun kedua orang ini tidak dikebumikan di Dasun saat meninggal. Tuan P. Berendsen meninggal di Hamburg pada tahun 1924, dan Helena menikah dengan Izaak Schuddeboom. Yang ini adj Insp. di layanan kereta Trem.

Bong Belanda atau Makam tersebut bisa jadi milik keluarga KEIJER. Tuan A.P. Keijer dipekerjakan oleh Berendsen dan juga kuasanya di Juana pada tahun 1910 dan mungkin juga pindah dari Juana ke Lasem/Dasun saat itu dan meninggal dikebumikan di Dasun?

 

Bagikan artikel ini:
Komentar