You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Dasun

Kec. Lasem, Kab. Rembang, Prov. Jawa Tengah
Info
Laman Resmi Pemerintah Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Sekretariat: Balai Desa Dasun, RT.01,RW.01, Dasun, Lasem, Kode Pos: 59271, No Telp: 085726949461 | Dasun Maju | Desa Pemajuan Kebudayaan Kemendibud |

Ini Daftar Keberhasilan Program Dana Desa di Seluruh Indonesia


Ini Daftar Keberhasilan Program Dana Desa di Seluruh Indonesia

Dasun-rembang.desa.id – Guyuran dana desa dalam jumlah besar dan langsung dikelola desa se-Indonesia tidak hanya membuat dana desa menjadi trending topic di dalam negeri tetapi juga di berbagai negara di Asia. Sedikitnya 12 negara di wilayah Asia Pasific bahkan merekomendasikan Program Dana Desa seperti Indonesia menjadi program wajib Perserikatan Bangsa Bangsa di negara-negara berkembang. Memangnya apa saja keberhasilan program dana desa?

Di luar segala persoalan yang masih menyelimut pada pelaksanaan Program Dana Desa, inilah program pembangunan fisik yang telah terwujud dari Program yang berjalan di 74 ribu desa se-Indonesia:

Dana desa telah membangun jalan desa sepanjang 121.709 kilometerMendirikan 1.960 jembatanMendirikan Pasar Desa sebanyak 5.220Telah berdiri BUMDes sebanyak 21.811Tambatan Perahu sebanyak 5.116 unit di berbagai desa pinggir laut dan sungaiMelahirkan embung desa sebanyak 41.739 unitMenciptakan sarana olah raga sebanyak 2.366 unit

Nanti dulu, itu baru program pembangunan fisik. Selain itu dana desa juga telah menciptakan beragam program peningkatan kualitas hidup warga pedesaan di seluruh Indonesia melalui berbagai program berikut ini :

Pembangunan penahan tanah sebanyak 291.393 unitMelahirkan sistem pengelolaan air bersih mandiri desa sebanyak 32.711 unitMewujudkan MCK bagi warga desa sebanyak 82.356 unitTerbentuk Polindes sebanyak 6.041 unitMewujudkan sistem drainase sehat sebanyak 590.371 unitMembangun Posyandu aktif sebanyak 13.973 unitMewujudkan sumur 45.856 unit untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga desa se-Indonesia

Berbagai capaian itu diraih berbagai desa di Indonesia setelah Program Dana Desa berjalan memasuki tahun ketiga. Tahun 2017 dana desa yang berjumlah Rp. 60 triliun ditargetkan lebih pada pemberdayaan ekonomi warga dengan fokus membangun geliat kegiatan ekonomi melalui BUMDesa.

Dana desa juga didorong sebagai pemantik terciptanya lapangan kerja di tiap desa di seluruh Indonesia dengan sistem kegiatan padat karya. Program dana desa terbukti cukup mujarab menghidupkan potensi desa yang selama ini tertidur pulas di desa-desa di Indonesia.

Kebijakan pemerintah yang menempatkan desa sebagai subyek yang menjalankan sendiri program peningkatan kesejahteraannya melalui penggalian potensi desa juga terbukti mampu meningkatkan kapasitas perangkat desa dan mendorong terciptanya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di wilayah pedesaan. Adanya dana desa membuat sebagian besar warga desa mulai sadar bahwa mereka sesungguhnya memiliki asset dan potensi yang bisa dikelola dengan baik untuk menghasilkan peningkatan kesejahteraan hidup warga desanya.

Tahun 2018 pemerintah telah menetapkan bahwa Program Dana Desa bakal terus digenjot dengan mengucurkan dana lebih besar lagi yakni Rp. 120 triliun, dua kali lipat lebih besar dari tahun 2017. Tahun 2018 program ini bakal memfokus pada terciptanya lapangan kerja dan kemampuan mengelola desa alias swakelola.

Untuk lebih jelas soal keberhasilan program dana desa kami sajikan rekapitulasi pemanfaatan dana desa dari tahun 2015 sampai tahun 2017 (tahap 1) bisa dilihat pada infografis dibawah ini. (berdesa.com)

Rekapitulasi pemanfaatan Dana Desa (sumber: Kementerian Desa PDTT)
Bagikan artikel ini:
Komentar